11 May 2018 yang lalu

Siapa yang tidak ingin masuk surga? Setiap umat manusia yang beriman tentuna meninginkan untuk menempati surga ketika di akhirat nantinya. Ada banyak golongan manusia yang dijanjikan untuk masuk surga salah satunya adalah orang yang tadinya memiliki agama lain kemudian beralih untuk memeluk agama Islam alias mualaf.

Ada beberapa alasan biasanya seseorang kemudian pindah memeluk agama Islam antara lain adalah karena ingin menikahi seorang muslim sehingga pernikahannya bisa sah di mata agama selain di mata hukum. Kemudian ada juga yang menjadi mualaf karena memang mendapatkan hidayah atau karena panggilan hatinya. Seseorang bisa menjadi pemeluk agama Islam apabila mengucapkan dua kalimat syahadat yang berbunyi:

أشهدُ أنْ لا إلهَ إلا اللهُ وأشهدُ أنَّ محمدًا رسولُ اللهِ“Asyhadu an la ilaha illa allah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah.”

Kaimat tersebut memiliki arti, ”Aku bersaksi tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu utusan Allah.”

Masyaallah, Terbukti! Manfaat Terbesar Menjadi Mualaf Adalah masuk Surga (1)

Sumber: hautehijab.com

Lalu benarkah jika menjadi mualaf akan mendapatkan surga sebagai manfaatnya? Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, ”Setiap umatku pasti akan masuk surga, kecuali yang tidak mau. Sahabat bertanya, “Ya Rasulallah, siapa yang tidak mau?” Beliau menjawab, “Mereka yang mentaatiku akan masuk surga dan yang menetangku maka dia telah enggan masuk surga”.”

Dari kalimat di atas dinyatakan bahwa semua umat muslim akan masuk surga pada akhirnya, kecuali yang berjalan di jalan selain Rasulullah ambil dalam hidupnya, yaitu orang-orang yang kafir dan tidak mengimani Allah SWT. Kemudian ada juga riwayat dari Anas ra yang bercerita bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, ” Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan (Laa Ilaaha Illallah) dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan (iman).”

Masyaallah, Terbukti! Manfaat Terbesar Menjadi Mualaf Adalah masuk Surga (2)

Sumber: dawn.com

Banyak juga dalil-dalil lain yang mengatakan bahwa mereka yang mengucapkan kalimat syahadat maka dirinya akan dijauhkan dari api neraka karena dengan demikian berarti ada keimanan dalam hatinya. Maka dari itu bagi orang-orang yang berpindah agama dan memeluk agama Islam pun tidak terkecualikan janji surga ini karena untuk memeluk agama Islam disyaratkan untuk mengucapkan dua kalimat syahadat yang menyatakan keyakinan dan keimanannya kepada Allah SWT dan Rasulullah.

Bahkan bukan tidak mungkin para mualaf justru memiliki ketaatan pada agama Islam yang lebih besar dibandingkan yang sudah Islam sejak lahir. Karena dengan menjadi mualaf berarti ia memilih Islam sebagai jalan hidupnya dengan kesadaran diri sendiri, bukan karena sekadar ikut agama orangtuanya.

Masyaallah, Terbukti! Manfaat Terbesar Menjadi Mualaf Adalah masuk Surga (5)

Sumber: mprnews.com

Adakah keuntungan lain menjadi mualaf selain keuntungan masuk surga? Bisa mendapatkan surga tentu saja adalah manfaat yang paling tinggi, namun ada banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan seseorang ketika memutuskan untuk memeluk agama Islam karena kemauannya sendiri.

Manfaat yang pertama adalah dihapuskannya dosa-dosa yang lalu seperti yang difirmankan pada QS Al-Anfaal ayat 38, yang artinya ”Katakanlah kepada orang-orang yang kafir itu, “Jika mereka berhenti (dari kekafirannya), niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa mereka yang sudah lalu; dan jika mereka kembali lagi, sesungguhnya akan berlaku (kepada mereka) sunnah (ketetapan Allah) terhadap orang-orang dahulu.”

Masyaallah, Terbukti! Manfaat Terbesar Menjadi Mualaf Adalah masuk Surga (6)

Sumber: bbc.co.uk

Manfaat yang lain bagi ulama adalah kebaikannya akan dibalas 10 kali lipat hingga 700 kali lipat. Dalil manfaat ini ada di riwayat Nasai yang berkata bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Jika seorang hamba masuk Islam, lalu Islamnya baik, Allah menulis semua kebaikan yang pernah dia lakukan, dan dihapus darinya semua keburukan yang pernah dia lakukan. Kemudian ada qishash (balasan yang adil), yaitu satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipat sampai 700 kali lipat. Adapun satu keburukan dibalas dengan sama, kecuali Allah ‘Azza wa Jalla mengampuninya.”

Dari bahasan tentang manfaat mualaf di atas, kesimpulannya ada tiga manfaat utama menjadi seorang mualaf. Yang pertama adalah dijanjikannya surga bagi yang mengucapkan dua kalimat syahadat, yang kedua adalah dihapuskannya dosa-dosanya yang telah lalu, dan yang ketiga adalah dibalasnya kebaikannya hingga 10 sampai 700 kali lipat. Belum lagi ditambah dengan berbagai macam keutamaan dalam agama Islam dengan menjalankan ibadah dan menjauhi larangan Allah SWT.

Banner: foreignpolicy.com

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Penulis Islam

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?