11 May 2018 yang lalu

Kekerasan dalam rumah tangga atau yang lebih sering dikenal dengan KDRT memang tak hanya dilarang oleh hukum saja karena ternyata juga tidak diperkenankan oleh agama Islam. Hal ini dibuktikan dengan fakta di mana terdapat hukuman suami yang menyiksa istri

womantalk.com suami istriSumber: womantalk.com

Tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah KDRT dalam rumah tangga. Cukup banyak kasus di mana wanita mengalami kekerasan yang dilakukan oleh suaminya sendiri. Tentunya kejadian seperti ini terdapat alasan masing-masing yang menjadi pemicunya. Sehingga perlu ditelaah lebih dalam lagi mengenai faktor pemicunya itu sendiri. Sebenarnya apakah memang benar terdapat hukuman suami yang menyiksa istri? Jawabannya adalah benar. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

”Sesungguhnya mereka itu (yang suaka memukul istrinya) bukan orang yang baik di antara kamu.” ”Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya dan sebaik-baiknya kalian adalah yang paling baik kepada istrinya.”

Hal-Hal yang Tegolong Melukai Istri

25.3Sumber: dailyherald.ng

Ketika dua insan manusia memutuskan ntuk menikah, sebenarnya keduanya telah melakukan janji kepada Allah SWT. Di mana suami dan istri harus saling mencintai, mengasihi, menghormati, menghargai, dan juga saling menjaga kehormatan masing-masing. Terdapat hal dan kewajiban yang harus dilakukan oleh istri kepada suaminya, begitu pula sebaliknya.

25.2Sumber: abc.com.py

Mungkin anda berpikir bahwa hal-hal yang termasuk ke dalam perbuatan yang melukai istri hanyalah satu perbuatan yang berupa fisik seperti pemukulan dan sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya tidak hanya itu. Karena Allah SWT juga akan memberikan hukuman suami yang menyiksa istri meskipun penyiksaan tersebut tidak berupa siksa fisik sekalipun. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Melukai Hati dan Perasaan Istri

25.4Sumber: rozwod-z-klasa.pl

Ketika sedang emosi, kadangkala amarah seringkali tidak terkendali hingga tanpa sadar sering mengucapkan kata kasar. Meskipun suami tidak melakukan kekerasan fisik, namun ketika suami sudah mengucapkan kalimat kasar yang menyakiti dan melukai hati istrinya, maka sama saja itu sudah merupakan kekerasan yang tentu saja akan mendapatkan balasan dari Allah SWT.

2. Menceritakan Keburukan Istri

Suami istri sudah seharusnya saling menjaga kehormatan satu sama lain. Menceritakan keburukan istri sama halnya dengan membuka aib atau keburukan istri. Dan hal ini sama halnya dengan kekerasan pada istri. Tentu saja kelak Allah akan memberikan anda hukuman suami yang menyiksa istri ini. semarah apapun anda, sebagai suami redamlah emosi dan jangan sampai menyumpahi istri Anda dengan perkataan yang buruk.

Seperti sabda Rasulullah SAW yang berbunyi ”Tidak boleh seorang mukmin menjelekkan seorang mukminah. Jika ia membenci satu akhlak darinya maka ia rida dari sisi yang lain.”

Suami Boleh Memukul Istrinya, ASAL dengan Syarat Berikut Ini

25.5Sumber: clarionproject.org

Secara garis besar, memperlakukan kekerasan apapun bentuknya memang dilarang. Terlebih jika kekerasan tersebut berupa kekerasa secara fisik, tentu sangat diharamkan oleh agama Islam. Ketika istri berbuat khilaf, sebaiknya diingatkan dan dinasehati dengan lembut. Bukan menggunakan kalimat ataupun perlakuan fisik yang kasar. Karena perbuatan tersebut jelas akan mendapatkan hukuman suami yang menyiksa istri

Namun ternyata Islam memperbolehkan suami menampar atau memukul istrika dengan pengecualian berikut ini: istri telah menodai janji suci pernikahan dengan perbuatan yang melanggar aturan Islam, istri tetap berbuat durhaka kepada suami meskipun telah beberapa kali diperingatkan, dan hanya diperbolehkan memukul hanya dengan tangan, bukan menggunakan alat atau media perantara sebagai alat pemukul.

25.6Sumber: desiblitz.com

Dengan ketiga pengecualian di atas, agama Islam memperboleh anda sebagai suami untuk memukul istri bukan sebagai bentuk luapan amarah melainkan sebagai peringatan keras agar istri kembali ke jalan yang benar. Namun akan lebih baik lagi sebagai suami tetap berperilaku lembut terhadap istrinya, sebesar apapun kesalahan yang dilakukan oleh istri. Karena ini merupakan bentuk dari janji pernikahan yang diucapkan dulu. Selain itu, kekerasan terhadap istri juga memang haram dimata Islam dan juga Allah SWT akan memberikan hukuman suami yang menyiksa istri

Banner: ajaratv.ge

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Penulis Muslim

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?