14 May 2018 yang lalu

Islam merupakan agama yang paling mulia. Siapa saja orang yang mau masuk dan mencari keindahan dari setiap ajarannya, maka bagi orang tersebut adalah keselamatan dunia sekaligus kebahagiaan di akhirat kelak. Islam juga merupakan agama yang penuh kedamaian sehingga jangan sampai Anda menolaknya ataupun mencegah sesiapapun untuk berjalan menuju jalan yang penuh dengan kedamaian tersebut.

Ajaran Islam sendiri sangatlah mulia, Allah SWT telah memberikan beragam ibadah sunah yang dapat mengiringi ibadah wajib sebagai keharusan untuk dilakukan. Ibadah sunah tersebutlah yang menjadikan nafas kehidupan layaknya darah yang senantiasa mengalir di dalam tubuh. Amalannya pun dapat terhitung sebagai penolong kekurangan amalan wajib.

doaSumber: hamilton.edu

Amalan sunnah sendiri merupakan sebuah kecermelangan Islam dalam kehidupan setiap orang. Bahkan Nabi Muhammad SAW pun telah menjaminnya surga dan mengampunkan seluruh dosa-dosanya yang diperbuat. Yakni seseorang yang senantiasa menjalankan sunah berupa salat Tahajud meskipun dia sedang dalam kesempitan.

Selain amalan untuk melaksanakan ibadah salat, ada juga amalan lainnya yang berupa kalimat atau ucapan. Jangan salah meskipun hanya sebuah ucapan namun Allah SWT telah memberikan janji pahala yang amat berlimpah kepada siapa saja yang melaksanakannya. Sudah saatnya kita banyak bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan kita yakni Allah SWT beserta Rasulnya Muhammad SAW dalam kenikmatan Islam.

Doa yang Menjadi Rebutan Para Malaikat

adzhan2Sumber: thoughtco.com

Telah dijelaskan dari Sunan Ibnu Majah yang dikutip dari Zhilail Qur’an serta diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar, bahwa Rasulullah SAW telah menceritakan kebingungan dari malaikat untuk mencatat pahala dari amalan seseorang.

Malaikat tersebut kemudian menghadap Allah SWT dengan melaporkan “Sesungguhnya seorang hamba telah mengucapkan suatu perkara yang kami tidak tahu bagaimana harus menulis (pahala)nya.” Kemudian Allah SWT bertanya “Apa yang diucapkan oleh hamba-Ku?” Dan malaikat pun menjawab Ya Rabbi Lakal Hamdu Kama Yanbaghi li Jalaali Wajhika wa ‘Azhimi Shulthaanika.”

themariasanchezshow.com muslim salat doaSumber: themariasanchezshow.com

Itulah ucapan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk selalu diucapkan dan zikirkan pada kehidupan kita sehari-hari. Kemudian Allah SWT berkata, “Tulislah bagaimana yang diucapkan hamba-Ku hingga ia bertemu dengan-Ku. Aku yang akan membalasnya.”

Adapun doa yang menyebabkan malaikat merebut mencatat bisa dilihat di YouTube di akun En Wandi yakni doa yang berbunyi Robbanaa wa lakal hamd(u), hamdan katsieron thoyyiban mubaarokan fieh(I)” yang berarti “Ya Robb kami, bagi-Mu segala puji, pujian yang banyak, yang baik dan penuh berkah.”

Kemudian Rasulullah SAW bersabda: “Siapakah yang mengucapkan doa tadi?” Kemudian orang yang mengucapkan itu menjawab, “Aku yang mengucapkannya”. Hal ini dilansir dari akun YouTube Effendi Sanusi yang telah dijelaskan oleh Syeh Ali Jaber.

Rasulullah SAW pun bersabda, “Saya melihat lebih dari tiga puluh tiga malaikat berlomba-lomba untuk menjadi malaikat yang pertama dalam mencatat pahala bacaan tersebut.” (hadis riwayat Al-Bukhori no.799). Masya Allah, betapa banyak kemuliaan dari doa tersebut.

makanSumber: islamicquotes11.tumblr.com

Tentunya hadis yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari ini luar biasa keutamaannya. Sehingga doa tersebut pun menjadi alternatif doa I’tidal yang dibaca setelah imam berucap “Sami’allahu liman hamidah” oleh makmum. Rasulullah SAW pun mengetahui hal tersebut disaat beliau menjadi imam. Meskipun Rasulullah berada di posisi yang paling depan namun dengan izin Allah Beliau bisa melihat orang yang ada di belakangnya.

Adapun hadis lain yang menjelaskan jika Rasulullah SAW dapat melihat orang di belakangnya, yakni “Dari Anas, dari Nabi SAW bersabda, _”Luruskanlah shaf kalian, aku melihat kalian dari belakang punggungku.” Kemudian salah seorang di antara mereka melekatkan pundaknya kepada pundak temannya yang lain kemudian, kakinya pada kaki temannya yang lain.” (HR. Bukhari)

Selain itu Abu Huairah RA pun juga mengatakan jika Rasulullah SAW bersabda: “Apabila imam mengucapkan “Sami Allahu liman khamidah (Allah mendengar orang yang memujiNya)” maka katakanlah Rabbana Lakal Khamdu (wahai Tuhan kami, bagi-Mu segala puji) Sebab, barang siapa yang ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka Ia akan diampuni dari segala dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Yang lain dari Ibnu Awfa RA mengatakan juga bahwa, “Jika Rasulullah SAW bangkit dari rukuk beliau membaca, Sami Allahu liman khamidah (Allah mendengar orang yang memujiNya) Rabbana lakal khamdu mil ussamaawaati wa mil ul ardli, wa mil umaa syi’ta min syai in ba’du” (Allah mendengar orang-orang yang memuji-Nya. Ya Tuhan Kami. Bagi-Mu segala puji sepenuh langit dan bumi, sepenuh apa yang Engkau kehendaki sesudah itu). (HR. Muslim).

Itulah doa seorang manusia yang menjadi rebutan para malaikat. Maka jangan ragu lagi bagi kita jika ingin melakukannya.

Banner: npr.org

Install Aplikasi BaBe

Cepat, ringan, dan hemat kuota!

UNDUH

Kontributor: Kontri Babe Islami

Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar dari campur tangan BABE.

BABE menyediakan wadah bagi anak bangsa yang tertarik untuk memuat karya tulisnya di sini.

Info: nulis.babe.news

Home
Kategori
Sosial
Ekstra
Ente tau gak?